welcome to our base of website 'jual,beli,modifikasi,pembuatan,service,repair,overhaul boiler '
Anda berada di: Home > News

News

boiler berbahan bakar sampah

Kemajuan teknologi memang sangat berdampak signifikan terhadap kegiatan manusia terutama pada sektor industri. Berbagai macam pengembangan teknologi dilakukan agar mempermudah kinerja manusia, sehingga pada saat ini telah terdapat banyak jenis-jenis alat industri yang memiliki tujuan yang sama tetapi memiliki cara kerja yang berbeda, tidak terkecuali boiler. Setelah pada postingan sebelumnya kita membahas tentang pengertian boiler serta bagian-bagian utamanya, kali ini kita akan mencoba mengulas jenis-jenis boiler serta kelebihan dan kekurangannya.

Apa yang dimaksud dengan boiler?

Boiler adalah suatu perangkat berbentuk becana tertutup yang digunakan untuk memanaskan air sehingga menghasilkan steam (uap), panas dari hasil pembakaran bahan bakar dalam boiler akan ditransferkan ke media air yang mengalir di dalam pipa-pipa, saat suhu air telah mencapai temperatur tertentu maka akan terjadi penguapan. Sehingga dapat kita artikan bahwa boiler merupakan suatu alat yang digunakan untu membuat steam, seperti yang kita ketahui uap dapat digunakan untuk menggerakkan turbin pada pembangkit listrik dan berfungsi sebagai pencaga suhu dalam kolom destilasi minyak bumi.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang teknologi boiler pada saat ini, alangkah baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui jenis boiler yang paling pertama digunakan. Boiler ini disebut dengan Pot Boiler atau Hycock Boiler yang memiliki bentuk yang paling sederhana dalam sejarah dan pertama kali diperkenalkan pada abad ke-18. Boiler ini memiliki volume air yang besar tetapi hanya dapat memproduksi uap pada tekanan yang rendah, dengan menggunakan bahan bakar kayu serta batu bara. itulah sedikit penjelasan tetang boiler kuno yang berjaya pada masanya.
Baca juga: Fungsi Boiler Serta Komponen-Komponen Utamanya

Jenis-Jenis Boiler

Jenis boiler dapat dibedakan dari berbagai macam hal seperti karakteristik, cara kerja, tipe pipa dan bahan bakar yang digunakan. Setiap jenis boiler memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, seperti yang telah kita jabarkan di bawah ini:

Jenis Boiler Berdasarkan Type Tube (Pipa):

1. Fire Tube Boiler

Pada boiler ini memiliki dua bagian didalamnya yaitu bagian tube yang merupakan tempat terjadinya pembakaran dan bagin barrel/tong yang berisi fluida. Tipe boiler pipa api ini memiliki karakteristik yaitu menghasilkan jumlah steam yang rendah serta kapasitas yang terbatas.

Prinsip Kerjanya: Proses pengapian terjadi didalam pipa dan panas yang dihasilkan diantarkan langsung kedalam boiler yang berisi air.

Kelebihan: Proses pemasangan cukup mudah dan tidak memerlukan pengaturan yang khusus, tidak membutuhkan area yang besar dan memiliki biaya yang murah.

Kekurangan : Memiliki tempat pembakaran yang sulit dijangkau saat hendak dibersihkan, kapasitas steam yang rendah dan kurang efisien karena banyak kalor yang terbuang sia-sia.

2. Water Tube.

Memiliki kontruksi yang hampir sama dengan jenis pipa api, jenis ini juga terdiri dari pipa dan barel, yang menbedakan hanya sisi pipa yang diisi oleh air sedangkan sisi barrel merupakan tempat terjadinya pembakaran. Karakteristik pada jenis ini ialah menghasilkan jumlah steam yang relatif banyak.

Prinsip Kerja: Proses pengapian terjadi pada sisi luar pipa, sehingga panas akan terserap oleh air yang mengalir di dalam pipa.

Kelebihan: Memiliki kapasitas steam yang besar, niali efesiensi relatif lebih tinggi dan tungku pembakaran mudah untuk dijangkau saat akan dibersihkan.

Kekurangan: Biaya investasi awal cukup mahal, membutuhkan area yang luas dan membutuhkan komponen tambahan dalam hal penanganan air.

Berdasarkan Jenis Bahan Bakar

1. Solid Fuel (Bahan Bakar Padat)

Type boiler ini menggunakan bahan bakar padat seperti kayu, batu bara, dengan karakteristik seperti harga bahan bakar relatif lebih murah dan lebih efesiensi bila dibandingkan dengan boiler listrik.

Prinsip Kerja: Pemanasan bersumber dari pembakaran bahan bakar padat atau bisa juga campuran dari beberapa bahan bakar padat (batu bara dan kayu) yang dibantu dengan oksigen.

Kelebihan: Bahan bakar mudah untuk didapatkan dan lebih murah.

Kekurangan: Sisa pembakaran sulit untuk dibersihkan,.

2. Bahan Bakar Minyak (Oil Fuel)

Jenis ini memiliki bahan bakar dari fraksi minyak bumi, dengan karakteristik yaitu memiliki bahan baku pembakaran yang lebih mahal, tetapi memiliki nilai efesiensi yang lebih baik jika dibandingkan denan yang lainnya.

Prinsip Kerja: Pemanasan yang bersumber dari hasil pembakaran antara campuran bahan bakar cair (kerosen, solar, residu) dengn oksigen dan sumber panas.

Kelebihan: Memiliki sisa pembakaran yang sedikit sehingga mudah dibersihkan dan bahan baku yang mudah didapatkan.

Kekurangan: Memiliki harga bahan baku yang mahal serta memiliki kontruksi yang mahal.

3. Bahan Bakar Gas (Gaseous Fuel)

Memiliiki jenis bahan bakar gas dengan karakteristik bahan baku yang lebih murah dan nilai efesiensi lebih baik jika dibandingkan dengan jenis tipe bahan bakar lain.

Prinsip Kerja: Pembakaran yang terjadi akibat campuran dari bahan bakar gas (LNG) dengan oksigen serta sumber panas.

Kelebihan: memiliki bahan bakar yang paling murah dan nilai efesiensi yang lebih baik.

Kekurangan: Kontruksi yang mahal dan sumber bahan bakar yang sulit didapatkan, harus melalui jalur distribusi.

4. Electric

Dari namanya saja kita tentu sudah mengetahu bahwa sumber panas alat ini berasal dari listrik, dengan karakteristik bahan bakar yang lebih murah akan tetapi memiliki tingkat efesiensi yang rendah.
Prinsip Kerja: Pemanas bersumber dari listrik yang menyuplai panas.

Kelebihan: Memiliki perewatan yang sederhana dan sumber pemanas sangat mudah untuk didapatkan.

Kekurangan: Nilai efesiensi yang buruk dan memiliki temperatur pembakaran yang rendah.

Sekian pembahasan mengenai jenis-jenis boiler berdasarkan kerjanya, diharapkan agar artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, Terimakasih

Penulis 

 

Agus Mandori, ST

Service engineer , boilerindo karya perkasa, PT

pilihan bahan referensi buat anda :

  1. down load perbandingan pemakaian bahan bakar disini
  2. gambar rangkaian mesin boiler yang sudah dimodifikasi disini

 

IN HOUSE TRAINING :

TEKNIK PENGERINGAN KAYU EKSPORT DENGAN MENGGUNAKAN MESIN PENGERING BUATAN (KILN DRYER)

 

 

oven kayu (kiln dryer)

Indonesia adalah negara di asia tenggara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah diantaranya adalah kayu.hampir semua wilayah indonesia tumbuh dengan subur tumbuhan yang bisa dimanfaatkan batang pohonya untuk kebutuhan perabot rumah, kusen, kursi, lemari, bufe, keranjang , dinding dan lantai dan lain-lain.

untuk mendapatkan hasil kayu yang berkualitas diperlukan pohon yang lurus dan lebar disamping harus tua dan kering. kering dalam dunia perkayuan menjadi syarat mutlak supaya kayu kuat, awet, mudah dikerjakan dan tidak mudah bengkok , lem merekat dengan sempurna dan memudahkan proses finishing.

standart kayu yang diperlukan untuk wilayah indonesia idealnya kadar airnya dibawah 15%, untuk mendapatkan kadar air yang seragam dan lebih cepat diperlukan mesin pengering sebagai tiruan dari pengeringan alami. mesin pengering tiruan cuacanya dapat diatur sesuai schedul pengering kayu sesuai jenis kekerasan kayu.

mesin pengering kayu konvensional mempunyai perlengkapan sbb:

a. sumber panas

sumber panas diperoleh dari tungku api, boiler, atau sumber panas lainya yang mudah dikontrol. sehingga sumber panas tidak berlebihan atau kekurangan saat dibutuhkan dalam mesin pengering.

ruang pengering

b. ruang pengering

ruang pengering kayu bisa dari bangunan permanen(tembok), kontainer, ruang pengering buatan perpaduan antara tembok dan besi plate.

c. panel kontrol

panel pengendali berfungsi untuk mengendalikan sirkulasi udara supaya merata segala sudut ruang pengering sehingga diperolah pengeringan yang baik. perlengkapan panel kontrol yang baik selain bisa mengendalikan aliran udara juga mengontrol panas dan kelembapan udara dalam ruang oven.

d. damfer

cendela kontrol merupakan cendela otomatic yang akan membuka dan menutup saat udara terlalu lembab dan terlalu kering.

ruang pengering tampak depan

e. sprayer

nozel-nozel yang akan menyemprotkan air kabut secara otomatic bila ruangan terlalu kering. sehingga didapatkan kadar air yang merata di sepanjang papan.

mesin pengering yang baik minimal mempunyai komponen yang telah kami sebutkan diatas agar diperolah hasil pengeringan yang sangat memuaskan. adapun cacat kayu seperti kayu pecah ujung, jamuran, retak rambut, honeycomb kadangkala terjadi pada saat awal si operator belum mahir dalam mengendalikan mesin pengering. seiring bertambahnya waktu dan pengalaman akan semakin berkurang cacat pengeringan.

 

BISNIS KERUPUK BAGI PEMULA

Berdasarkan beberapa pertimbangan dan pengamatan dilapangan, bahwa memulai usaha itu tampak sangat sulit dan penuh resiko spt:

1. mulai cara membuat dan berproduksi sebuah product yang baik dan berkualitas.
2. Mesin produksi yang terjangkau dengan budget yang pas dengan kebutuhan.
3. Coba coba lempar ke pasar dengan pesain yang sebelumnya ada, dengan product lama atau yang baru.

Ternyata meniru aja tidak cukup, perlu waktu dan biaya yang sangat besar buat trial and errornya belum lagi kekawatiran tidak laku dipasar karena product ngak disenangi pasar karena ngak enak dan lain-lain.

Belum lagi modal yang pas pasan, seperttinya sangat akan mustahil bagi pribadi yang belum mempunyai keberanian dan mental kuat untuk masuk ke area yang belum pasti dan berisiko ini.

Dengan pertimbangan tersebut, kami sebagai praktisi rekayasa mesin dan produksi kerupuk siap membantu keinginan bapak/ibu/ sdr semua mengatasi problem diatas dengan ” paket bisnis kerupuk lengkap hulu sampai hilir” yaitu dari bahan baku, resep bumbu, mesin produksi, pemasaran, quality control, sampai pembiayaan secara kredit.

Semua jenis dan macam kerupuk yang ada dipasaran dapat anda produksi sesuai dengan selera daerah masing- masing dengan tidak meninggalkan khas asal kerupuk itu.

Pada sekala besar berikan link untuk pemasaran eksport langsung dengan buyer ke afrika , malaysia, india. Untuk melakukan kerjasama langsung dengan buyer.

Peluang usaha ini masih sangat besar karena makanan pendamping disamping nasi buat orang indonesia dan asia dan tidak kenal stop, saat makan pinginya pakai kerupuk, apalagi kerupuk yang renyah, gurih, enak dan khas.

Sukses untuk anda dimulai dari tekat dari satu langkah saat ini.

Salam,

Agus mandori
Marketing&service engineer

 

LANJUTAN PART1

Yth bapak/ ibu/ sdr

Bagaimana menjadi pengusaha yang tidak harus dari nol banget penuh spekulasi dan coba-coba keberuntungan.

Trial dan error memerlukan biaya yang tidak sedikit melebihi pembelian dan pengembangan alat produksi itu sendiri. Mempertaruhkan waktu dan biaya bagi pengusaha kakilima mungkin tak seberapa tapi bagi pengusaha menengah apalagi dengan pembiayaan utangan itu nyrempet2 bahaya.

Kami yang sudah bergelut dalam bidang rekayasa mesin kerupuk akan membantu calon2 pengusaha dengan satu jalan praktis ( beli mesin kerupuk dapat training perawatan dan teknik meraciknya dengan lengkap).

Bukan rahasia kalau kerupuk harga recehan tapi keuntungan jutaan. Semakin banyak quantity yang di produksi banyak pula yang didapat.

Kami melayani calon pengusaha kecil hingga kecil sekali dimana kemudahan didapat tanpa resiko tidak di serap pasar.

Salam,

Agus mandori

 

 

Penulis 

 

Agus Mandori, ST

Service engineer , boilerindo karya perkasa, PT

pilihan bahan referensi buat anda :

  1. down load perbandingan pemakaian bahan bakar disini
  2. gambar rangkaian mesin boiler yang sudah dimodifikasi disini
Hubungi Kami

Office : Jl. R.E Martadinata 102 Tanjung Priok – Jakarta Utara
Workshop : Jl. Ngureksari 316 Surabaya 081285944925
Workshop : Jl. Bak air 1 Tanjung Priok – Jakarta Utara Telp. 021-43931803- fax. 021- 43931803
mobile Phone .081229996154
Contact Button

 



contact : 081229995154

 

Info Kami
  1. Release inovasi product baru
  2. Penemuan teknologi baru
  3. Apa yang harus dilakukan dengan kondisi mesin anda

Powered by CMSimple | Template: ge-webdesign.de |

nach oben
Jasa website